YOUCAN
SOCIAL EXPEDITION
SUMBA

YOUCAN SOCIAL EXPEDITION

YOUCAN SOCIAL EXPEDITION adalah program pengabdian masyarakat lintas disiplin yang terbuka untuk umum dengan tujuan memfasilitasi pemuda yang berkomitmen untuk mengembangkan diri dalam pemberdayaan masyarakat dan memberikan kontribusi positif yang nyata untuk masyarakat. YOUCAN Social Expedition #4 mengajak para pemuda Indonesia untuk bersama-sama memberi faidah kepada daerah-daerah 3T di Indonesia sehingga dapat membuka wawasan tentang kekayaan hakiki Indonesia, meningkatkan cinta tanah air, melatih kepemimpinan dan kemandirian serta mengembangkan diri dalam pemberdayaan masyarakat dan memberikan kontribusi positif yang nyata untuk masyarakat.

GOALS

Peserta

  • Dapat meningkatkan kepedulian dan kepekaan sosial peserta terhadap permasalahan umum dan rasa kesederhanaan serta mesyukuri keadaan yang dianugerahkan Tuhan.
  • Dapat membentuk kepribadian dengan mengasah keuletan, etos kerja, rasa tanggung jawab, dan menonjolkan sikap kepemimpinan, kewirausahawan, serta kemandirian. ​

Masyarakat

  • Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan pendekatan terpadu di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, juga diiringi local wisdom.
  • Mempererat rasa persaudaraan sebagai sesama manusia dan terus mengobarkan harapan untuk mencapai taraf hidup lebih baik
  • Menegakkan prinsip learning society dan learning community terhadap masyarakat pedesaan agar memiliki keunggulan kompetitif dalam bersaing, baik secara nasional maupun secara global.
  • Membantu instansi-instansi pemerintah yang terkait, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan dinas lainnya untuk memberikan program pemberdayaan kepada masyarakat desa.

VILLAGE DETAIL

Sumba Barat Daya merupakan sebuah kabupaten dari Provinsi Nusa Tenggara Timur yang baru saja dimekarkan dari Kabupaten Sumba Barat pada tahun 2007. Sebagian besar wilayah kabupaten ini merupakan wilayah berbukit-bukit yang juga dihiasi dengan pantai-pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Nihi Watu yang terletak 21 Km sebelah Selatan kota Waikabubak. Pantai Nihi Watu sangat cocok untuk kegiatan diving, surfing, fishing, dll. Pantai ini berada di peringkat ke 17 dari 100 pantai terbaik di dunia dan satu – satunya pantai di Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia. 

Banyaknya potensi yang dimiliki oleh Sumba Barat Daya perlu dioptimalkan oleh berbagai pihak untuk dapat meningkatkan kualitas hidup segenap elemen yang mendiami wilayahnya. Potensi ekonomi kabupaten ini secara umum yaitu Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Pariwisata. Hasil pertanian dari kabupaten ini pun mencuri perhatian dunia. Kopi hasil alam Sumba dinobatkan sebagai kopi terenak se-Indonesia pada Festival Kopi Nusantara dan tentu pengembangannya masih perlu diintensifkan untuk dapat memaksimalkan manfaat yang dapat dirasakan oleh warganya. Karena Data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilansir dalam Sumba Barat Daya Dalam Angka 2017, menunjukkan pada tahun 2016 jumlah orang miskin bertambah 2.720 orang dari tahun 2015 yang berjumlah 96.540 jiwa menjadi 99.260 jiwa.

Selain itu, di bidang Pendidikan, terdapat 47,86 % warga Sumba Barat Daya yang tidak/belum pernah sekolah atau tidak tamat SD dan 13,88 % warganya buta huruf. Kabupaten ini juga mengalami kekurangan guru SD dan Tingkat kelulusan siswa rendah. Data dari Survei Sosial Ekonomi Nasional menunjukkan bahwa dari seluruh penduduk di NTT yang berumur di atas 10 tahun, yang mampu membaca dan menulis paling rendah adalah Kabupaten Sumba Barat Daya.

Pada bidang Kesehatan terdapat masalah utama yaitu dari kurangnya sumber air bersih hingga kurangnya tenaga kesehatan. Gizi buruk pun menjadi dampak yang terjadi akibat kedua masalah tersebut. Menurut data yang diterima Wahana Visi Indonesia (WVI), kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya menduduki angka gizi buruk tertinggi dengan persentase sebesar 14,15 persen dan gizi baik terendah 83,66 persen. Sumba Barat Daya juga masih menjadi area terendah atas sumber air bersih. 

Berangkat dari kondisi di Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini membuat Youth Center to Act for Nations tergerak untuk mengajak para pemuda Indonesia untuk berkontribusi bersama memberikan sumbangsih yang positif bagi para saudara kita di sana. Mari beraksi bersama Youth Centre to Act for Nation. Genggam erat tangan kawan kita, berjuang untuk negeri Indonesia.

DOCUMENTATION

DETAIL PROGRAM

Fasilitas

Fasilitas yang diterima oleh para peserta program adalah:

  1. Tiket Pesawat terbang PP dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar menuju lokasi pengabdian
  2. Transportasi selama melaksanakan program
  3. Akomodasi
  4. Konsumsi
  5. Sarana dan Prasarana yang dibutuhkan untuk melaksanakan program
  6. Pelatihan dan pendidikan sebelum pelaksanaan program
  7. Pendampingan pelaksanaan program oleh pihak yang berpengalaman
  8. Upacara penyambutan oleh masyarakat lokal
  9. Sertifikat partisipasi dan apresiasi
  10. Seragam dan empowerment kit
  11. Perizinan dan keamanan
  12. Asuransi
Biaya

Panitia akan mereview form pendaftaran yang telah diisi oleh para pendaftar dan akan mengirimkan Letter of Acceptance bagi para peserta yang terpilih beserta dokumen lainnya yang dapat digunakan untuk mengajukan sponsorship dan dukungan dana. Selanjutnya, biaya yang dibayarkan oleh para peserta terpilih untuk mendapatkan fasilitas yang telah tertera adalah Rp3.500.000/peserta dapat dibayarkan dalam dua termin.

Kriteria Peserta
  1. Kemampuan untuk menunjukkan komitmen terhadap prinsip-prinsip kesukarelawanan dan Pancasila.
  2. Kemampuan untuk mengabdi dan berkontribusi bagi lokasi yang dituju
  3. Kemampuan interpersonal yang baik, komunikasi dan keterampilan membangun hubungan.
  4. Kemampuan bekerja sama dalam tim yang fleksibel, networker yang sangat baik dan kepemimpinan yang kuat.
  5. Kemandirian, inisiatif dan komitmen untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat
Tanggal Pelaksanaan

Program YOUCAN SOCIAL EXPEDITION #4 Sumba, Nusa Tenggara Timur akan diselenggarakan pada  9-14 April 2019

REGISTRATION DEADLINE

11 Januari 2019